Pen

Posted: January 27, 2009 in Did you know

Hampir semua orang tahu bahwa penemu bola lampu adalah Thomas Alva Edison, penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, pesawat terbang ditemukan oleh Wright bersaudara, dll. Lalu, ada yg tau siapa penemu alat tulis yang kita pakai sehari-hari, pulpen?

Pulpen diciptakan oleh jurnalis Hungaria, Laszlo (Ladislao) Biro pd tahun 1930

Pd awalnya orang-orang menulis menggunakan pena yg dibuat dari bulu angsa, seperti yg lazim digunakan di Eropa pada abad pertengahan, batang alang-alang air yg digunakan di Timur Tengah atau bahkan kuas yg digunakan di Tiongkok & Jepang.
Biro memperhatikan tinta yg digunakan dlm percetakan surat kabar mengering dengan cepat & tidak meninggalkan noda pd kertasnya. Namun saat menggunakan tinta untuk mengoreksi naskah-naskah yg ditulis pd kertas tipis terjadi kesulitan-kesulitan, seperti tinta yg melebar, tumpah atau kertas yg sobek karena sabetan pena yg cukup tajam.
Akhirnya, ia bersama saudara laki-lakinya, George yg seorang kimiawan, mengembangkan ujung pen yang baru yg terdiri dari sebuah bola yg dapat berputar bebas pada sebuah lubang. Saat berputar, bola tersebut akan mengambil tinta dari sebuah cartridge yg lalu membasahi bola kecil yg mengalir secara kapiler & dengan bantuan gravitasi, dan kemudian menggelinding dan melekatkannya pd kertas. Berdasarkan bentuknya itulah terlahir nama Ball-point.
Rancangan ini kemudian dipatenkan di Argentina pada 10 Juni 1943. Tapi perkembangannya tidak berhenti sampai disitu. 2 orang berkebangsaan Inggris, Henry Martin & Frederick Miles, lalu Milton Reynolds dari Amerika mengembangkannya sesuai kebutuhan. Dan Franz Szech akhirnya menghasilkan tinta yg tidak mudah kering. Bahkan telah ditemukan juga pulpen yg dapat dipakai di ruang angkasa lho!
Berkat mereka semua, sekarang kita tidak perlu repot-repot membawa botol-botol tinta untuk mengisi pena, tapi cukup membawa sebatang pulpen yg memudahkan kita mencatat hal-hal penting. Terima kasih buat mereka ^^

source:Wikipedia

Comments
  1. Waw, keren ya,,, padahal konsepnya sederhana tapi usefull sampe sekarang

    1943 ya, pantes aja sekarang udah g pake royalty,
    royalty charge kan berlaku sampai 50thn setelah si pematen meninggal.

  2. thk…mo nangis membaca ini….terharu…karna tak pernah bertanya dan menyadari sp penemu pen….
    Laszlo (Ladislao) Biro kan kukenang

  3. Red Dog says:

    wahahaha gw sering make tuh PULpen…tp ga tw siapa penemunya hue hue
    kalo penemu penSIL orang yang sama bukan bro?

    Thanks artikelnya😀

    Peace and Love
    Red Dog

  4. kahfinyster says:

    pake bolpen produk indonesia!!!

    ape sih???ga jelas amat gw,,

  5. liecha says:

    walahh…
    pen itu bolpen tha..???

    kirain.. ada kepanjangan yg laenn..

    ternyata ttg asal usul bolpen..

  6. ry0n says:

    pulpen??? waduh… snowman? standard? faster? cocacola?

    lam kenal..

    tukeran link yuk

    Reina say,“Salam kenal juga…

    Boleh, tapi alamat kamu apa???”

  7. Arm says:

    nice info

    kalo misal tulisan China yg jadi standar penulisan, dan bukannya tulisan latin, mungkin mbah Lazzlo itu bakal mengembangkan kuaspoint ya😛

  8. shavaat says:

    biro, udah jadi merek pulpen juga. pulpen biro. tapi, makin jarang liat yang make itu merek…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s