Some Little Knowledge about Our Earth

Posted: December 19, 2008 in Did you know, Earth
Tags: ,

Apakah anda benar-benar telah memahami semua fakta-fakta tentang bumi tempat tinggal kita ini? Sebuah kumpulan fakta-fakta mengenai bumi kita tersayang…

(dikutip dari Beijing Technology)

“Apakah dalam satu hari itu akan selalu 24 jam ?”

Pada 10 juta tahun silam, di bumi hanya 18 jam sehari, dari hari ke hari rotasi bumi semakin lamban, dan dalam satu hari sekarang adalah 24 jam, menurut perhitungan ilmuwan, bahwa kelak di masa yang akan datang, dalam satu hari di bumi akan menjadi 960 jam!

“Berapa luas permukaan bumi ?”

Luas permukaan bumi adalah 510,1 juta km persegi.

“Berapa luas padang pasir di bumi?”

Kurang lebih 1/3 areal bumi merupakan padang pasir, jika manusia tidak membatasi terhadap perilaku individu, maka padang-pasir akan semakin meluas. Gurun Sahara di Afrika Utara adalah padang pasir yang terluas di dunia, adalah 23 kali lipatnya padang pasir di California, AS.

“Berapa tinggi suhu di bagian dalam bumi ?”

Setiap suhu yang berjalan 1 km menuju ke dalam bumi akan meningkat 20?C, menurut
perhitungan ilmuwan, bahwa di daerah pusat bumi, suhu akan mencapai 3870 derajat C.

“Apakah sungai itu hidup ?”

Sungai sama seperti semua makhluk hidup yang lain yakni memiliki rentang hidup. Mereka akan tumbuh perlahan setelah lahir, maksudnya areal daerah aliran akan meluas, kemudian akan mati seiring dengan menigkatnya usia.

“Berapa kali kilat terjadi setiap detiknya ?”

Mungkin tempat yang anda pijak sekarang langit tampak cerah sejauh mata memandang, tapi di tempat lain hujan dan guntur silih berganti. Berdasarkan perhitungan ilmuwan, rata-rata setiap detik akan terjadi kilat 100 kali, tapi ini adalah kilat yang hanya menerjang permukaan bumi. Dalam satu menit terdapat lebih dari 1000 kali badai guntur yang mengelilingi bumi, menimbulkan lebih dari 6000 kali kilatan petir, sebagain besar terjadi di lapisan awan.

Apakah batu bisa mengapung di air?

Orang-orang pasti merasa ini adalah pertanyaan yang ganjil, bagaimana mungkin batu bisa mengapung? Sesungguhnya ini sebuah kenyataan. Ketika gunung berapi meletus, gas yang terpisah dari dalam lava dapat menghasilkan batu apung, dalam batuan ini terdapat banyak gelembung udara, karena itu mereka bisa mengapung di air.

“Apakah batuan bisa tumbuh ?”

Benar, batu bisa tumbuh. Ada suatu batu feromangan tumbuh di lereng pegunungan dasar laut, tempurung batuan ini secara perlahan-lahan menyerap mineral yang mengendap dalam air, setiap 1 juta tahun tumbuh kurang lebih 1 milimeter.

“Danau terbesar di dunia ?”

Dari segi area, Laut Kaspia adalah danau yang paling besar di dunia, terletak di antara tenggara Eropa dan Asia barat.

“Jika tutup es di Kutub Selatan mencair, berapa tinggi air akan naik ke permukaan?”

Tutup es di Kutub Selatan menduduki hampir 90 % cadangan es di bumi, sebanyak 70% kapasitas air tawar tersimpan dalam tutup es Kutub Selatan. Jika seluruh tutup es di Kutub Selatan lumer, maka permukan laut akan naik 220 kaki, atau setinggi 20 lantai gedung bertingkat. Ilmuwan menuturkan, es di Kutub Selatan berangsur-angsur mulai mencair, berdasarkan laporan PBB, bahwa menurut tendensi kenaikan suhu sedunia, kondisi terburuk adalah, sampai pada tahun 2100 nanti, permukaan laut akan naik 3 kaki (1 meter).

“Air tawar terutama ada dimana ?”

Air tawar di dunia terutama adalah air bawah tanah, cadangan air bawah tanah adalah 30 kali lipatnya cadangan dari semua danau air tawar, atau 3000 kali lipatnya sungai secara total. Setiap tahun masyarakat di seluruh dunia menghabiskan 400 miliar gallon air tawar.

Berapa banyak air tawar yang tersimpan di bumi ?

Lebih dari 2 juta mil kubik air tawar tersimpan di bumi, hampir setengahnya dalam setengah mil dekat permukaan bumi. Di permukaan Mars juga banyak terdapat air, namun, hingga saat ini air yang terdeteksi berupa zat padat, tidak ada yang tahu secara pasti berapa banyak sesungguhnya kandungan air yang terdapat di sana.

“Dimana kawasan di bumi yang rentan terjadi gempa dan letusan gunung berapi ?”

Sebagian besar gempa bumi dan gunung berapi terjadi di 12 titik perbatasan lempeng bumi, dan sedikit banyak mereka bergerak di permukaan bumi. Namun, salah satu lempeng yang paling aktif adalah lempeng Samudera Pasifik, kawasan perbatasan yang mengelilingi lempeng ini kerap terjadi gempa dan letusan gunung berapi, karena itu disebut juga daerah gempa dan gunung berapi Samudera Pasifik, dari Jepang hingga Alaska sampai ke Amerika Selatan, jangkauan kawasan ini sangat luas.

Yak, demikianlah beberapa fakta tentang bumi kita ini. Apakah anda sudah mengetahui semua itu ? Sebenarnya masih ada beberapa fakta lagi, kalau mau saya akan memposting lanjutannya… Kalau tiak ya… sudah… Hehehe

Comments
  1. agunk agriza says:

    pertamax ..
    weh gila ..
    mantap ..
    gw ga tau apa2 .
    yg gw tau, bumi itu bulat🙂

  2. Monsieur Dion says:

    buseeett,,,,
    satu hari 960 jam….????
    lama banget,di sekolah aja kalo pelajaran fisika 45 menit rasanya udah seperti 3 hari terpenjara bersama guru rese

  3. ario saja says:

    kok dari tadi menurut ilmuwan.. la menurut ki joko bodo ma menurut mama lorent kok gak ada ??

  4. anderwedz says:

    Yng aq tau cuma atu yang Jepang tuh…
    hampir 30% gunung berapi bak yg aktif ato gak tu adanya di jepang lho…
    jadi ini menakjubkan ato mengerikan ya..????

  5. berlygrunge says:

    Wah, tentang geologi yah ??
    gue suka bgt tuh !!!

    siip, siiip

  6. kahfinyster says:

    oh,,kalo jadi 960 jam,, gmane nasib kita smua yah,,

  7. 3mnnm8 says:

    waduh… saya anak ipa… ga paham masalah ginian..😀

  8. ainulfahmi says:

    wah kalo dipikir-pikir serem ya!!!!
    met tahun baru!!!

  9. aditya says:

    met tahun baru ych.mampir kr blog ax ych.

  10. Rei。 says:

    18 jam sehari😯
    yayaya

  11. sajaksufi says:

    Wao keren ni,…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s