Apa sebenarnya arti TEMAN?

Posted: December 11, 2008 in manga, Teman

Gara2 baca ‘The Law of Ueki Plus 3’ jd mikir apa sih sebenarnya arti temen…
Ceritanya waktu Ueki lagi duel sama Byaku, trus si Byaku *yg sdh mengkhianati teman2nya* ngomong, “Pada dasarnya teman itu kan hanya gerombolan orang lemah yang saling memanfaatkan untuk mengisi kekurangan”
Aku pun bertanya tanya, apa benar kita selama ini hanya memanfaatkan teman? Hanya untuk keegoisan kita sematakah? Dan waktu Ueki mau menyelamatkan teman2nya yg jatuh ke jurang si Byaku ngomong lagi,
“Kamu tak bisa membiarkan mati teman2 yg ‘bisa dimanfaatkan’ yg sdh susah payah kamu temukan. Bukankah tujuanmu Megasite, kalau begitu kenapa 3 org lainnya mau ke Megasite pdhl mereka tak punya alasan utk ke sana? Mereka cuma sengaja menemanimu menuju jln berbahaya demi kamu kan? Itu artinya kamu memanfaatkan mereka. Walaupun kamu bilang demi teman pd akhirnya kamu cuma memanfaatkan mereka krn kamu ingin ke Megasite…
Tapi itu tdk salah, kamu tak bisa apa2 kalau sendirian, makanya kamu lindungi mereka, kamu tolong mereka… KAMU MANFAATKAN MEREKA. Krn itulah ‘teman'”

Apa benar kata ‘teman’ selama ini hanya dijadikan kedok utk mencapai tujuan pribadi kita saja? Apa benar kita setega & semunafik itu? Tdk… Aku yakin tdk… Krn selama ini kita tertawa bersama teman, berjuang bersama teman, & saling menolong agar masing2 dpt mencapai tujuannya… Temanlah yg membuat hari2 kita lebih menyenangkan, lebih menarik utk dilewati. Mungkin kita memang tdk bisa hidup sendiri tanpa teman yg mampu menopang & mengembalikan semangat kita, tp kita jg melakukan hal yg sama utk teman… Kita jg berkorban utk mereka, semacam simbiosis mutualisme. Jd tak ada yg merasa rugi, tak ada yg merasa tdk diuntungkan… Itulah menurutku yg disebut TEMAN

Sebenarnya cerita Ueki nggak terlalu serius, malah konyol… Tp sekaligus mengajarkan kita beberapa hal kecil yg sebenarnya penting dlm hidup. Hal ini jg membuktikan bahwa ‘manga’ bukan hanya hal remeh yg terkesan hanya utk anak2 kecil, hehe…
Demikian menurutku… How about you? ^^

Comments
  1. Catshade says:

    Apa benar kata ‘teman’ selama ini hanya dijadikan kedok utk mencapai tujuan pribadi kita saja? Apa benar kita setega & semunafik itu? Tdk… Aku yakin tdk……Mungkin kita memang tdk bisa hidup sendiri tanpa teman yg mampu menopang & mengembalikan semangat kita, tp kita jg melakukan hal yg sama utk teman… Kita jg berkorban utk mereka, semacam simbiosis mutualisme. Jd tak ada yg merasa rugi, tak ada yg merasa tdk diuntungkan… Itulah menurutku yg disebut TEMAN

    Jadi sebenernya kata-kata Byaku bener kan? Hanya saja karena dia tokoh antagonis, jadi kata-katanya terdengar salah😉

    “Pada dasarnya teman itu kan hanya gerombolan orang lemah yang saling memanfaatkan untuk mengisi kekurangan”

  2. jensen99 says:

    Kalo begitu baca One Piece dan Bleach saja. Ada banyak kisah heroik disitu tentang nilai/berharganya teman/sahabat/nakama.😉

  3. Rukia says:

    (IMO) memang teman itu seperti simbiosis mutualisme saling menguntungkan, nggak hanya saat dalam keadaan susah baru nyari teman buat minta tolong. Tapi ada juga orang-orang yang memang menganggap teman hanya utk memperoleh keinginannya sendiri dan ini cukup banyak loh.

  4. Goenawan Lee says:

    Glek, kok saya sepakat sama catshade. *tumben* *siul2*

    Eh, baca Monster-nya Urasawa Naoki saja.😛

  5. liroesdy says:

    atau bisa dibilang saling melengkapi🙂

    Hal ini jg membuktikan bahwa ‘manga’ bukan hanya hal remeh yg terkesan hanya utk anak2 kecil, hehe…
    Demikian menurutku… How about you? ^^

    yup..yup 😀

  6. anderwedz says:

    Kalo menurutQ sih memang bener…
    Aku sependapat dengan Catshade….
    kita berteman kan emang untuk menutupi kekurangan kita….
    tapi digunakan untuk kepentingan bersama, bukan hanya memanfaatkan pertemanan itu…

  7. Red Dog says:

    teman adalah hal paling berharga bagi gw melebihi kata “pacar”, dan tanpa teman, hidup gw ga akan kaya gini

    Peace and Love
    Red Dog

  8. s0Fy says:

    khMm. .
    UhMm. ,
    maAp LupA. , tDi m0 k0ment pA yAkh. ,
    yg jLz teMan Tu aDl Fren. .
    Hwkhwkh. , LAm kNaL j Y. .”[^_^]”

  9. dian diam says:

    Tergantung kita menilainya dari perspektif mana… Kita sebagai teman mereka atau mereka sebagai teman. Tapi yang jelas tidak usah mikir seperti itu. Teman ya teman, that’s it. Jalani apa adanya. Kadang ada berantemnya, kadang ada seneng2nya. Hehe

  10. agunk agriza says:

    sama kyk atas ^^

  11. estu says:

    ehhh headernya ada kiba imut banget

    rei tak selamanya kayak gitu kale hanya orang orang yang sedikit yang memanfaatkan teman kayak gitu

  12. phitoosh says:

    ikut nimbrung bolehkan
    makasih

  13. phitoosh says:

    persahabatan bagai kepompong maklumi teman hadapi perbedaan

  14. nadiea says:

    WaHh. . Nda’ nYanDka kOmiKq jD iNsPiRaSi seNeNd dEch. .
    TeMan TuW cEoLanD iaNd mEngErti qTa eN dPad mEnEriMa qtA pa dAna. . .
    O iah, hRzNa dJlsIn jUja pA iaNd dbLaNd uEki bIz tU. .
    IanD WkT bYaKu TnY bWaD pa dY mEngOrbAnkAn diRiNa dEmi oLanD laeN. .
    En dG pOlOsnA uEki jWab, “beNar jUga ya?”
    hahaha. Dy nDirI nDa’ tw JwbAnNa. .

  15. Sebenernya kata2 Byaku itu bener kan?

    Kita saling membutuhkan dan “memanfaatkan” teman kita.
    Tapi temen kita juga “manfaatin” kita
    (istilah baiknya, “membantu”) ^_^

    Udah simbiosis mutualisme dong?😀

  16. Takpunyateman says:

    Huhu,.hu ,. > < (trharu) Q paham,. Stiap org pst pnya mslh wlaupun tu anak kecil, sakit n tdknya tu trgantung eanx mrsakan,. Kdg bisa dhilangkan saat qt bsma teman,. (bkn teman curhat) tp bersama teman mbwt qt aman n sng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s